Popular Post

Posted by : KKN 59 UTM 2019 23 Jul 2019


KKN 59 UTM Adakan Survei dan Pendataan Untuk Pembuatan  Kartu Indonesia Sehat (KIS) di Desa Buluk Agung,Klampis


Foto Keterangan: Foto bersama dengan Sekertaris Desa
Sumber Foto: Billy

                  

   Kuliah Kerja Nyata Tematik Mandiri kelompok 59 (KKN 59) dari Universitas Trunojoyo Madura adakan program Kartu Indonesia Sehat atau disingkat KIS (Sabtu,13 Juli 2019), program ini bekerja sama dengan kepala desa Buluk Agung (Abah Talhesul Murot), Perangkat Desa dan Puskesmas Klampis. Proses pendataan dan survey ini berlangsung selama 3 hari di beberapa dusun di Desa Buluk Agung. Teman teman KKN 59 dibagi beberapa kelompok untuk mensurvei beberapa dusun yang ada di Desa Buluk Agung,dalam pembagian kelompok tentunya didampingi oleh perangkat desa dan tentunya di setiap kelompok harus ada yang bisa bahasa Madura,karena di Desa Buluk Agung sendiri beberapa penduduknya minim dengan bahasa Indonesia dan murni menggunakan bahasa Madura. 

  “KIS itu bagi masyarakat Buluk Agung sangat membantu karena pertama meringankan biaya untuk pembiayaan kesehatan, karena KIS itu rata rata gratis dan juga membantu perekonomian Desa Buluk Agung,Sehingga kesehatan mereka bisa terjamin”,ujar H Sulton selaku Operator Desa Buluk Agung. 

   Sebenarnya Kartu Indonesia Sehat di Desa Buluk Agung sudah diadakan oleh kepala desa sebelumnya,karena yang sekarang kepala desanya baru dan masyarakat mayoritas sudah mendapatkan Kartu Indonesia Sehat tersebut ,namun kita berupaya untuk melakukan pendataan dan survei ulang, barangkali ada penduduk yang belum mendapatkan kartu tersebut,disamping itu setelah disurvei memang benar beberapa penduduk ada yang belum mendapatkan kartu Indonesia sehat. 

   Menurut Abah Talhesul Murot selaku Kepala Desa Buluk Agung,”KIS ini sangat berguna nantinya, tentunya selain pendidikan yang menjadi komponen penting dalam kehidupan,tentunya yang paling penting adalah kesehatan,karena memang kesehatan itu nomer satu. Seandainya KIS ini bisa merata maka penduduk akan lebih mudah dan terbantu untuk mengatasi kondisi warga yang kurang mampu. Pendataan tersebut aslinya dilakukan dari Dinas Sosial dan yang terakhir datanya dari tahun 2010, banyak yang terdata dalam data tersebut namun ada yang warga yang ke Luar Negeri,meninggal,ada juga yang merantau. Satu desa biasanya yang mendapat KIS hanya dijatahkan beberapa ratus saja,jadi tidak semua mendapat kartu KIS secara menyeluruh. Sebenarnya banyak warga membutuhkan kartu ini. Kita dari desa tidak bisa mengajukan pendataan secara menyeluruh karena pendataan ini langsung dari Dinas Sosial. Dengan kedatangan dan bekerja sama dengan teman KKN 59 proses pendataan terasa lebih mudah,sebelumnya saya sempat bertemu dengan dinas sosial dan kesehatan,jadi untuk sementara kades mendata hal yang dibutuhkan/layak untuk dapat kartu KIS nanti bisa diajukan ke dinas sosial dan kesehatan,nantinya akan di setujui dan nanti bisa menambah kuota pendaftar kartu KIS. Andai saja tidak dibantu KKN 59 agak susah mungkin untuk pendataan, karena memang data harus rapi dan teliti,untungnya teman teman KKN 59 mengerti terkait administrasi,jadi mudah sekali melakukan pendataan terkait kartu KIS tersebut. Intinya saya terbantu dan berterima kasih ke kelompok KKN 59 karena sudah turut membantu melakukan survey dan pendataan terkait KIS”. 

   Syarat pembuatan Kartu Indonesia sehat ini mudah yakni dengan menyetorkan Foto copy KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan KK (Kartu Keluarga), setelah itu selebihnya akan di urus oleh teman teman KKN 59 dan perangkat desa.setelah melakukan survei dan pendataan,data di storkan ke kepala Desa Buluk Agung. Dengan adanya program KIS ini nantinya bisa memberikan jaminan kesehatan kepada penduduk desa buluk agung untuk mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis terutama penduduk yang kurang mampu.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Desa Buluk Agung Kec Klampis - KKN 24 Buluk Agung - Powered by Blogger - Designed by KKN 24 -