Popular Post

Posted by : KKN 59 UTM 2019 4 Jul 2019


Budaya Islami dan Nilai Kesopanan yang Melekat Pada Penduduk Desa Buluk Agung

Penulis: Febrian Ihsyanul Amrullah

Foto Keterangan: Depan Masjid Dusun Sondang,Desa Buluk Agung

              Desa Buluk Agung terletak di Kecamatan Klampis,Kabupaten Bangkalan. Desa Buluk Agung mempunyai budaya yang berbeda dengan desa-desa pada umumnya, mayoritas masyarakat Desa Buluk Agung berprofesi sebagai seorang kuli bangunan namun ada juga sebagai nelayan,petani dan pengrajin. Desa Buluk Agung  mempunyai ciri khas yakni memeggang Budaya islam yang kental dan memeggang budaya kesopanan yang tinggi.

Masyarakat Desa Buluk Agung melakukan sapaan dengan tradisi khas mereka sendiri, seperti halnya masyarakat jawa  lakukan yakni dengan klakson kendaraan,setiap bertemu dengan masyarakat disini saling menyapa dengan menggunakan klakson kendaraan dan juga terkadang ada yang menundukan kepala,mengucapkan salam ketika bertemu, inilah yang membuat budaya sopan didesa ini sangat kental dan jarang dimiliki didesa desa manapun pada umumnya. Memang hal tersebut perlu bagi masyarakat untuk menumbuhkan rasa dan sikap sopan terhadap dirinya sendiri dan lingkungannya, agar tercipta keharmonisan satu sama lain. Bercermin di era sekarang jarang masyarakat yang mengimplementasi nilai nilai kesopanan dan mereka lebih mengutamakan apa yang menjadi kepentingan mereka masing masing, seharusnya masyarakat harus bisa respon terhadap apa yang ada disekitarnya dan kritis untuk membangun masyarakat yang lebih beretika,dewasa dan harmonis dan salah satunya mengimplementasikan rasa dan sikap sopan.

Selain didasari dengan budaya sopan oleh masyarakat Desa Buluk Agung, tentunya faktor utama yang mengubah dan memunculkan nilai kesopanan adalah agama yang mereka anut. Islam mengajarkan untuk tidak menyakiti sesama muslim maupun non muslim dan saling menghargai satu sama lain,sehingga masyarakat Buluk Agung sedikit demi sedikit menumbuhkan rasa dan sikap untuk menghargai satu sama lain dan direflesikan dengan nilai kesopanan tersebut.

Masyarakat Desa Buluk Agung mayoritas menganut agama islam,sehingga di Desa Buluk Agung banyak sekolahan atau instansi pendidikan yang berbasis Islami. Agama menjadi pondasi yang besar di desa ini, hingga kebanyakan masyarakatnya tidak lepas dari budaya islam yang mereka lakukan disetiap harinya,mengaji salah satu contohnya menjadi rutinitas masyarakat Desa Buluk Agung, setiap sehabis maghrib sampai menjelang azan Isyak masyarakat Buluk Agung  selalu mengadakan mengaji bersama,ini membuktikan kentalnya nilai islami pada desa ini dengan mengadakan suatu agenda rutin yang positif bagi kaum anak anak sampai dewasa bahkan tua, membuktikan agar masyarakat di desa ini selalu ingat dengan penciptan-Nya. Kesederhanaan, Nilai islami  dan Kesopanan membuat desa ini terlihat nyaman untuk dirasa dan dilihat.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Desa Buluk Agung Kec Klampis - KKN 24 Buluk Agung - Powered by Blogger - Designed by KKN 24 -