Popular Post

Posted by : bachtiar prima 3 Feb 2018


Karang taruna merupakan salah satu organisasi yang memiliki peran yang penting dalam kehidupan bermasyarakat. Hal ini dikarenakan organisasi karang taruna jika dijalankan dengan baik, tentunya akan memberikan manfaat dalam berbagai bidang kehidupan bermasyarakat. Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari organisasi Karang Taruna diantaranya adalah memberikan kesempatan kepada pemuda untuk belajar berorganisasi, menjalin kerjasama, sebagai tempat menyalurkan aspirasi, mengembangkan bakat dan minat melalui program kerja, baik program kerja mingguan, bulanan, ataupun tahunan.
Berdasarkan penjelasan di atas, maka sangat jelas bahwa melalui organisasi Karang Taruna akan memberikan manfaat yang besar terhadap kehidupan dalam bermasyarakat, khususnya bagi pemuda di Desa untuk dapat mengembangkan bakat dan minat yang dimilikinya melalui berbagai program kerja. Oleh sebab itulah dalam pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini, kelompok 24 memilih program unggulan “Pembentukan Karang Taruna” di Desa Buluk Agung yang terletak di Kecamatan Klampis, Kabupaten  Bangkalan.
Pemilihan program unggulan Pembentukan Karang Taruna ini dilatarbelakangi oleh beberapa hasil pertimbangan, diantaranya adalah Organisasi Karang Taruna adalah organisasi yang perlu dibentuk. Hal ini dikarenakan organisasi tersebut dapat memberikan manfaat yang besar bagi kehidupan dalam bermasyarakat. Kemudian hasil wawancara dengan Kepala Desa Buluk Agung yang menyatakan bahwa di desa tersebut belum ada organisasi Karang Taruna. Sehingga melalui program pembentukan Karang Taruna ini diharapkan akan memberikan kontribusi terhadap pemberdayaan masyarakat di Desa Buluk Agung Kecamatan Klampis, Bangkalan. Selain itu, pembentukan karang taruna dalam program unggulan ini juga diharapkan dapat menunjang beberapa program kerja tambahan yang akan dilakukan oleh Kelompok 24. Salah satu program tambahan tersebut adalah program pembuatan krupuk kulit pisang. Dalam hal ini, diharapkan dengan terbentuknya organisasi karang taruna tersebut diharapkan dapat melakukan pembuatan (produksi) krupuk kulit pisang yang tentunya dapat dipasarkan, sehingga dapat membantu keungan desa yang dapat berlanjut hingga di masa yang akan datang.
A.    Tujuan dan Manfaat
Tujuan dari program ini adalah untuk membentuk susunan/struktur organisasi Karang Taruna di Desa Buluk Agung. Sedangkan manfaat dari program ini diharapkan dengan terbentuknya organisasi Karang Taruna ini dapat memberikan pengalaman berorganisasi bagi pemuda pemudi di Desa Buluk Agung, mengembangkan potensi daerah melalui program pembuatan krupuk kulit pisang, mengembangkan bakat minat, melatih kerja sama, dan menghidupkan kegiatan-kegiatan yang ada di masyarakat sebagai upaya untuk menjalin tali silaturrahmi di Desa Buluk Agung, Kecamatan Klampis, Bangkalan.
B.     Sasaran
Sasaran dari program unggulan pembentukan karang taruna ini adalah pemuda dan pemudi Desa Buluk Agung, Kecamatan Klampis, Bangkalan.
C.    Target
Terbentuk struktur kepengurusan organisasi Karang Taruna di Desa Buluk Agung, Kecamatan Klampis, Bangkalan.
D.    Metode/ Tahap Pelaksanaan
Sebagai upaya untuk mengimplementaskan program unggulan di atas, maka dalam pelaksanaan program tersebut akan dilakukan melalui beberapa tahap sebagai berikut :
1.      Kerjasama dengan Kepala Desa
Tujuan diadakannya kerjasama dengan kepala desa adalah agar dalam pembentukan organisasi Karang Taruna mendapatkan dukungan dari Kepala Desa. Dalam hal ini, kerjasama dilakukan oleh KKN, Kelompok 24 untuk mendapatkan izin dari kepala desa terhadap program kerja pembentukan Organisasi Karang Taruna di Desa Buluk Agung. Kerja sama ini pula dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan data pemuda pemudi yang ada di Desa Buluk Agung.
2.      Menyebarluaskan Undangan
3.      Setelah mendapatkan izin dari kepala desa, maka tahap yang dilakukan selanjutnya adalah memberikan undangan kepada pemuda pemudi yang ada di Desa Buluk Agung. Tujuan dari tahap ini adalah untuk mengundang pamuda pemudi untuk hadir dalam sosialisasi terkait pembentukan organisasi karang taruna.
4.      Musyawarah Pemilihan Ketua
Pelaksanaan musyawarah pemilihan dalam tahap ini adalah untuk melakukan pemilihan ketua dan pengurus organisasi karang taruna. Dalam hal ini, musyawarah pemilihan didasarkan pada kesepakatan bersama. Sehingga dalam pelaksaan pemilihan ini melibatkan moderator untuk membimbing jalannya pemilihan.
5.      Pembentukan Struktur Kepengurusan Organisasi Karang Taruna dan pelantikan
Setelah pemilihan ketua Karang Taruna maka tahap selanjutnya adalah pembentukan struktur kepengurusan organisasi dan pelantikan anggota.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Desa Buluk Agung Kec Klampis - KKN 24 Buluk Agung - Powered by Blogger - Designed by KKN 24 -