Popular Post

Posted by : bachtiar prima 2 Feb 2018



Masjid Syaikhona Kholil Buluk Agung adalah masjid yang tertua yang tedapat di desa Buluk Agung. Masjid tersebut mudah terjangkau karena di pinggir jalan. Pendiri masjid Syaikhona Kholil Buluk Agung adalah Syaikhona Kholil yaitu seorang ulama’ yang terkenal di tanah Jawa. Pengelolaan masjid tersebut dilakukan secara turun temurun dan takmir masjid ustad Bukhori. Masjid tersebut didirikan pada 1915 M. pendirian masjid Syaikhona Kholil disebabkan karena keinginan beliau untuk membuat masjid di desa Buluk Agung.
Barang peninggalan Syaikhona Kholil yang masih tertinggal di masjid tersebut yaitu tempat imam terletak di bawah sehingga membuat tempat jamaah di sisi dalam masjid tidak datar dan sumur yang terletak di sebelah utara masjid. Sebenarnya takmir dan pengelola masjid ingin merenovasi agar tempat jama’ahnya dijadikan datar tetapi oleh keluarga bani Kholil tidak di perbolehkan agar tidak menghilangkan ciri khas dari masjid tersebut.
Kegiatan keagaaman yang dilakukan di masjid Syaikhona Kholil yaitu acara pegajian di setiap bulan dan acara dhibak di setiap malam jum’at. Sedagkan acara tahunan yang dilakukan yaitu Maulid Nabi dan Isra’ Mikraj. Harapan takmir masjid Syaikona Kholil agar pemerintah memperhatikan dan memberikan bantuan dana dalam perenovasian masjid karena pada renovasi sebelumnya penggunakan sumbangan dari warga dan dana kas masjid.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Desa Buluk Agung Kec Klampis - KKN 24 Buluk Agung - Powered by Blogger - Designed by KKN 24 -