Popular Post

Posted by : bachtiar prima 2 Feb 2018



Masjid Al-falah terletak di dusun Tanalos. Takmir masjid yaitu ustad Jakfar. Awal mula pendirian masjid Al-falah berawal dari kepedulian salah seorang warga yang bernama ustad Hasan. Beliau sangat ingin sekali membuat masjid di dusun tersebut karena jarak masjid yang dirasa cukup jauh jika dijangkau oleh orang yang sudah lanjut usia. Beliau mulai bermusyawarah dengan masyarakat dan tokoh agama yang ada di dusun Tanalos. Awalnya masyarakat tidak setuju karena khawatir akan tidak adanya partipasinya masayarakat untuk tidak melakukan ibadah dan berjema’ah di masjid. Kemudian ustad hasan melakukan sowan ke salah satu keluarga Bani Kholil yaitu keluarga yang sangat disegani dan berperanguh di kabupaten Bngkalan salah satunya Kyai Abdullah Aschal merestui dengan pembangunan masjid tersebut. Hal tersebut membuat warga dusun Tanalos berubah fikiran dan mengikuti perkataan kyai Abdullah.
Penamaan Al-Falah tersebuk karena disesuaikan dengan anjuran kyai pondok pesantren pelosok dari kabupaten Kediri. Al-falah sendiri artinya kemenangan. Kyai tersebut mengharapkan akan adanya kemenangan di dusun Tanalos karena keberadaan masjid tersebut. Pembangunan masjid Al-falah pertama dilakukan oleh kiyai Abdullah dengan menaruhkan batu bata sebagai pondasi. Tetapi pembangunan masjid menjadi fakum karena meninggalnya ustad hasan yang menjadi penggagas pembangunan masjid Al-falah. Pembangunan kembali dilakukan setelah datangnya saudara ustad Hasan dari Mekkah.
Pendanaan saat pembangunan dan renofasi masjid Al-falah menggunakan dana sumbangsih dari warga Tanalos. Selain itu, pendanaan diperoleh dari pembukaan amal-amal di pinggir jalan raya. Kegiatan yang dilakuakn di masjid yaitu acara istighosah dan dhibak

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Desa Buluk Agung Kec Klampis - KKN 24 Buluk Agung - Powered by Blogger - Designed by KKN 24 -