Popular Post

Posted by : bachtiar prima 3 Feb 2018



Program ini berdasarkan observasi yang telah dilakukan di desa Buluk Agung guna memanfaatkan potensi yang dimiliki desa yaitu pisang.KKN 24 melakukan musyawarah bersama kepala desa, aparatur desa, dan perwakilan masyarakat dalam memberikan inovasi pemanfaatan limbah kulit pisang menjadi olahan krupuk kulit pisang
a.                   Uraian Kegiatan
Program ini berdasarkan observasi yang telah dilakukan di desa Buluk Agung guna memanfaatkan potensi yang dimiliki desa yaitu pisang.KKN 24 melakukan musyawarah bersama kepala desa, aparatur desa, dan perwakilan masyarakat dalam memberikan inovasi pemanfaatan limbah kulit pisang menjadi olahan krupuk kulit pisang.
b.                  Manfaat
Masyararakat dapat mengetahui dan menerapkan cara pengelolahan limbah kulit pisang menjadi olahanyang dapat dikonsumsi.
c.                   Pemateri
Pemateri program pelatihan pembuatan krupuk kulit pisang BAGAFO yaitu peserta KKN kelompok 24.
d.                  Hasil dan dampak yang ditimbulkan
Berdasarkan pelatihan yang telah dilakukan pada hari Sabtu, 20 Januari 2018,  masyarakat terutama kalangan ibu rumah tangga memberikan respon yang sangat antusias dan tertarik serta ingin menerapkan cara pengelolahan krupuk kulit pisang. Selain itu, berdasarkan sosialisasi dan pelatihan pembuatan krupuk berbahan dasar kulit pisang meningkatkan kreatifitas masyarakat untuk mengelola limbah kulit pisang menjadi olahan bermanfaat.
e.                   Hambatan atau kendala yang dihadapi
Berdasarkan sosialisasi dan pelatihan pembuatan krupuk berbahan dasar limbah kulit pisang, berikut hambatan/kendala yang dihadapi, yaitu cuaca yang kurang mendukung dalam proses pengeringan krupuk, tempat pelaksanaan pelatihan kurang memadai, dan rendahnya kemampuan masyarakat dalam memanfaatkan limbah kulit pisang.
f.                    Penyelesaian hambatan atau kendala
Peserta KKN 24, telah memberikan solusi untuk menyelesaikan hambatan/kendala dalam pelatihan pengelolaan limbah kulit pisang dengan mengeringkan krupuk kulit pisang diatas cowek yang dipanaskan, memanfaatkan halaman ketika pelatihan berlangsung dan mengadakan sosialisasi peningkatan kualitas sumber daya manusia.
g.                  Ketercapaian target

Ketercapaian target dari pengelolaan limbah kulit pisang menjadi krupuk BAGAFO berharap supaya masyarakat Buluk Agung khususnya ibu rutang tangga lebih kreatif dan berinovasi dalam mengelola limbah kulit pisang menjadi olahan yang bermanfaat.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Desa Buluk Agung Kec Klampis - KKN 24 Buluk Agung - Powered by Blogger - Designed by KKN 24 -