Popular Post

Posted by : bachtiar prima 3 Feb 2018


a.       Uraian Kegiatan
Program ini berdasarkan observasi yang telah dilakukan di desa Buluk Agung guna memanfaatkan potensi yang dimiliki desa yaitu bambu. KKN 24 melakukan musyawarah bersama kepala desa, aparatur desa, dan perwakilan masyarakat dalam memberikan inovasi pemanfaatan bambu menjadi olahan yang bermanfaat serta memiliki nilai jual tinggi seperti kerajinan dari bahan bambu yaitu pembuatan lampu dengan beberapa model  lampu.
b.      Manfaat
Program ini bermanfaat untuk meningkatkan kreativitas warga dan mengurangi jumlah pengangguran di desa Buluk Agung. Masyararakat dapat mengetahui dan menerapkan cara pengelolahan bambu menjadi olahan yang bermanfaat dan memiliki nilai jual tinggi tanpa modal yang besar sehingga dapat meningkatkan perekonomian warga.
c.       Pemateri
Pemateri program pelatihan pembuatan lampu dari bahan bambu yaitu peserta KKN kelompok 24.
d.      Hasil dan dampak yang ditimbulkan
Berdasarkan pelatihan yang telah dilakukan pada hari Sabtu, 03 Februari 2018,  masyarakat Buluk Agung memberikan respon yang sangat antusias dan tertarik serta ingin menerapkan cara pengelolahan lampu dengan menggunakan bahan bambu. Selain itu, berdasarkan sosialisasi dan pelatihan pembuatan lampu dari bahan bambu dapat meningkatkan kreatifitas masyarakat dalam mengelola bambu menjadi olahan yang bermanfaat.
e.       Hambatan atau kendala yang dihadapi
Berdasarkan sosialisasi dan pelatihan pembuatan lampu berbahan dasar bambu, berikut hambatan/kendala yang dihadapi, yaitu cuaca yang kurang mendukung dalam proses pembuatan kerajinan bambu, dan jumlah alat yang digunakan dalam pembuatan dalam pembuatan kerajinan bambu.
f.        Penyelesaian hambatan atau kendala
Peserta KKN 24, telah memberikan solusi untuk menyelesaikan hambatan/kendala dalam pelatihan pengelolaan lampu dengan mencari tempat untuk pembuatan kerajinan bambu agar tidak merusak alat dan bahan yang digunakan, dan menggunakan alat dengan semaksimal mungkin.
g.      Ketercapaian target
Ketercapaian target dari pengelolaan bambu menjadi lampu dengan beberapa model lampu yaitu menjadikan masyarakat mandiri, kreatif, dan inovatif  dalam memanfaatkan sumber daya alam dan potensi yang terdapat pada desa Buluk Agung dalam mengelola bambu menjadi olahan yang bermanfaat salah satunya yaitu lampu

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Desa Buluk Agung Kec Klampis - KKN 24 Buluk Agung - Powered by Blogger - Designed by KKN 24 -